Home Nasional KPU Belum Bisa Tentunkan Aturan untuk Menteri yang Ikuti Pilkada

KPU Belum Bisa Tentunkan Aturan untuk Menteri yang Ikuti Pilkada

88
SHARE

Buletin Indonesia News

JAKARTA, — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan, mengatakan, pihaknya belum membahas peraturan untuk menteri yang akan mengikuti pilkada. Menurutnya, aturan dalam UU Pilkada dan Peraturan KPU (PKPU) belum mengatur hal tersebut. “Kami belum bahas aturan bagi menteri yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah,” ujarnya.

Di dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, katanya, belum mengatur soal menteri tersebut. Hal serupa juga belum diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Wali Kota.

Seperti diketahui, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, memastikan akan maju sebagai bakal calon gubernur Pilkada Jawa Timur pada 2018. Selain itu, Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga juga berencana maju dalam Pilkada Bali mendatang.

Saat disinggung tentang perlu atau tidaknya menteri mundur dari jabatan jika akan mengikuti pilkada, Ia juga menambahkan. Dirinya hanya menuturkan bahwa belum ada aturan seperti itu. “Belum ada aturan yang mengatur hal itu,” tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta, menteri yang akan mencalonkan diri dalam pilkada untuk secepatnya keluar atau mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. “Ya, mesti kampanye kan, kalau kampanye ya harus keluar dari kabinet,” katanya.

Reporter : Ade R/Op

Facebook Comments