Home Nasional Program Kartu Tani 2017 Akan Terselesaikan

Program Kartu Tani 2017 Akan Terselesaikan

89
SHARE

Buletin Indonesia News

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pembahasan mengenai pemberian kartu tani masih terus berlanjut. Terutama pembahasan bersama Kementerian Pertanian dan Himpunan Bank Milik Negara.

Rini memastikan dari total 8,8 juta petani yang menerima pupuk subsidi, yang terverifikasi baru sekitar 5,9 juta petani. “Pada dasarnya semua sudah mendapatkan kartu tani. Sisanya kita targetkan akhir tahun ini,” katanya

Mengenai skemanya, Rini menjelaskan kartu tani tersebut bisa dipakai di kios yang sudah memiliki data petani.

Setiap kios mengetahui jumlah pupuk subsidi yang bisa dibeli petani sesuai dengan data yang ada di dalam kartu tersebut.

“Jadi di kartu tani itu akan tercatat jumlah pupuk subsidi yang mereka dapat berapa jadi mereka pakai kartu tani itu ke kios kemudian mereka bisa membeli berapa pupuk bersubsidinya,” jelas Rini.

Rini menegaskan, dengan penggunaan kartu tani tersebut juga akan terkait dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan memiliki kartu tani, saat itu juga mulai memverifikasi kemungkinan mendapatkan KUR untuk masa tanam yang akan datang.

Kartu tani akan disalurkan kepada para petani yang diverifikasi melalui bank yang tergabung dalam Himbara. Rini menegaskan yang paling utama untuk menyalurkan yaitu BRI, Mandiri, dan BNI.

Reporter : Ade  Rukmana/Op

 

Facebook Comments