Beranda Nasional Akibat Hujan Lebat Tunggul Jatipadang Jebol dan Longsor di Ciganjur

Akibat Hujan Lebat Tunggul Jatipadang Jebol dan Longsor di Ciganjur

BERBAGI
Keterangan : Anies Baswedan

Buletin Indonesia News

JAKARTA,– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau beberapa titik genangan yang diakibatkan hujan lebat pada Minggu 12 November 2017 malam. Dia melakukan pemantauan bersama Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Berdasarkan pemantauan, Anies mengatakan, terjadi tanggul jebol di daerah Jatipadang, Jakarta Selatan. Akibatnya warga disekitar tanggul harus menginap di tempat ibadah terdekat. Selain itu, tebing dengan tinggi 15 meter longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan.

“Saya tadi malam berbicara langsung dengan sekretaris lurah, untungnya tidak berdekatan langsung dengan pemukiman sehingga longsornya tidak berdampak ke warga,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (13/11/17).

Mantan Menteri Pendidikan ini mengungkapkan, longsor yang terjadi di Ciganjur diduga karena adanya tumpukan material dan beratnya material, diduga menjadi salah satu penyebab longsor pada tebing selebar 10 meter.

“Apalagi laporan lisan tadi malam ada penumpukan barang-barang material pembangunan yang membuat beban di atas semakin besar nah efek dari itu jika hujan lebat bisa longsor,” jelasnya.

Kemudian terpantau juga kawasan Ulujami yang tergenang akibat meluasnya kali pesanggrahan. Anies mengatakan, saat ini status dari kali pesanggrahan yakni siaga tiga, untuk itu Dia terus melakukan monitoring.

“Monitornya menit ke menit, kita komunikasi terus. Nanti begitu ada situasi yang haruskan ada aksi cepat, kita akan bereskan, sejauh ini statusnya siaga 3,” tutupnya.

 

Sumber : Merdeka

Facebook Comments