Home Banjar Naiknya Harga Telur di Pasar Banjar Jelang Tahun Baru

Naiknya Harga Telur di Pasar Banjar Jelang Tahun Baru

SHARE
ilustrasi

Buletin Indonesia News

Banjar ,– Menjelang pergantian tahun baru harga telur di pasar Kota Banjar naik, hal ini dipengaruhi oleh permintaan konsumen yang cukup tinggi  dan dipengaruhi oleh kenaikan pakan ternak, Kamis (7/12/17).

Salah seorangan pedagang telur Fendi (35) mengatakan bahwa harga telur di grosiran kini berada di kisaran Rp. 22.500 per kg dari harga awal Rp. 19.000 per kg. Kenaikan ini bertahap sejak awal bulan desember kemarin, ungkapnya.

Tingginya permintaan dari konsumen dan naiknya harga pakan ayam juga mempengaruhi harga telur ayam. sekarang harga pakan ayam yang beratnya 50 kg naik menjadi Rp. 267.000 dari harga awal Rp. 260.000, terang Fendi.

Sementara permintaan telur ayam dari pasar menurut Dia, mencapai empat kuintal perharinya dari permintaan awal sekitar tiga kuintal lebih. “Biasanya memang menjelang tahun baru permintaan banyak, Kami juga menyimpan stok untuk jaga-jaga,” tambahnya.

Menurutnya telur tersebut didatangkan langsung dari para peternak telur di Kabupaten Ciamis, biasanya harganya jauh lebih murah dari telur yang didatangkan dari jawa.

Terpisah H. Umar pedagang telur ayam jawa, menyebutkan harga telur blitar saat ini di kiosnya berkisaran Rp. 23.500. “Biasanya jelang natal memang naik bertahap bisa sampai Rp. 25.000 per kgnya, biasa kalau natal banyak yang pesen untuk bikin kue,” jelasnya.

Sementara untuk harga telur ayam kampung berada dikisaran Rp. 2000 per butirnya. “Kalau ayam kampung harganya stabil,” ujarnya.

 

Reporter :Dayu Septian/nsp

Facebook Comments