Beranda Ekbis Kemenag : Ini Alasan Gaji PNS Muslim Dipotong Langsung untuk Zakat 2,5%

Kemenag : Ini Alasan Gaji PNS Muslim Dipotong Langsung untuk Zakat 2,5%

BERBAGI
Keterangan : Pegawai Negeri Sipil

Buletin Indonesia News

JAKARTA,– Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan wacana gaji pegawai negeri sipil (PNS), khususnya yang beragama muslim, bakal dipotong sebesar 2,5% untuk zakat.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, M Fuad Nasar mengatakan alasan Pemerintah mewacanakan tersebut sebagai salah satu bentuk memfasilitasi masyarakat dalam hal ini PNS untuk memenuhi kewajiban membayarkan zakat.

“Pada prinsipnya negara memfasilitasi penunaian kewajiban zakat 2,5% atas nilai penghasilan tetap yang diterima setiap bulan,” ungkap Fuad, Rabu (07/02/18).

Dia menjelaskan, fasilitas yang ditujukan kepada para PNS muslim ini juga tidak diberlakukan secara wajib, hanya untuk mempermudah abdi negara terutama yang gaji dan tunjangannya telah mencapai nishab (batas minimal wajib pajak).

“Negara tidak mewajibkan, melainkan memfasilitasi sarana pembayaran zakat yang lebih mudah, efisien serta dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Lebih lanjut Fuad menyebutkan, jika PNS bersedia gajinya dipotong 2,5% untuk zakat maka hal tersebut dilakukan setiap bulannya. Para abdi negara muslim juga tidak diwajibkan mengikuti ini.

Sampai saat ini, kebijakan wacana pemotongan 2,5% gaji abdi negara untuk membayarkan zakat masih dalam tahap pematangan draft. Nantinya aturan ini akan tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres).

Editor : Yania

Facebook Comments