BI : Perputaran Uang di Maret 2018 Capai 35 triliun Per Hari

Buletin Indonesia News

JAKARTA,–Kepala Departemen Pendalaman Pasar Keuangan Bank Indonesia (BI), Nanang Hendarsah mencatat perputaran uang selama Maret 2018 sebesar Rp 35 triliun per hari. Angka tersebut meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 25 triliun per hari.

“Total perputaran uang di money market Indonesia sebesar Rp 30 sampai Rp 35 triliun per hari periode Maret, bahkan saat ini Rp 33 sampai Rp 35 triliun per hari. Tahun lalu Rp 24 sampai Rp 25 triliun. Jadi ada peningkatan volume transaksi di pasar uang,” ujarnya di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (13/04/18).

Peningkatan perputaran uang tersebut menandakan kegiatan perekonomian Indonesia semakin tumbuh. “Kegiatan ekonomi meningkat, dan itu mencerminkan ada perputaran uang di money market yang sebetulnya menghubungkan sektor keuangan dan sektor rill,” jelas Nanang.

Nanang menjelaskan, peningkatan perputaran uang ini juga berimplikasi terhadap volume pasar valas yang meningkat sekitar Rp 5,5 hingga Rp 6 miliar per hari. Dengan adanya beberapa peningkatan tersebut, kondisi pasar keuangan Indonesia telah membaik setelah beberapa waktu lalu sempat terguncang.

“Volume pasar valas juga sudah meningkat antara Rp 5,5 sampai Rp 6 miliar per hari sekarang. Bahkan di dua pekan lalu sempat di Rp 6,9 miliar,” jelasnya.

“Jadi inflow sekarang kembali masuk ke SBN setelah di Februari ada beberapa yang keluar dan ini cukup baik sekarang kondisinya. Kita kembali ke kondisi yang stabil pasar keuangannya,” ujarnya.

Editor : Nispi

Beri Komentar!