Hari Ini! 280 Ribu Siswa SMA di Jabar Laksanakan UNBK

Buletin Indonesia News

BANDUNG,– Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Ahmad Hadadi memastikan hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA berlangsung lancar. Berbagai potensi kendala teknis sudah diantisipasi.

Hadadi bersama tim dari Disdik Jabar meninjau pelaksanaan UNBK di SMA 3 dan 5 di Jalan Belitung, Kota Bandung, Senin (09/04/18). Mereka memastikan pelaksanaan di dua Sekolah tersebut tidak ada kendala teknis.

“Peninjauan ini untuk memastikan tidak terjadi kendala saat pelaksanaan UNBK khususnya di SMA 3 dan 5,” ungkap Hadadi.

Ia menuturkan untuk pelaksanaan UNBK tahun ini, sebanyak 260.956 unit komputer yang disiapkan untuk seluruh siswa di Jabar. Setiap sekolah ada yang menggelar tiga atau dua sesi tergantung ketersediaan komputer.

“Saat ini satu komputer itu digunakan tiga siswa. Ke depan kita ingin satu komputer dipakai dua siswa. Tapi kami pastikan tahun ini semua UNBK,” ungkapnya.

Ia yakin tidak akan terjadi kebocoran pada UNBK tahun ini. Pasalnya, sambung dia, UNBK dikontrol oleh server pusat yang dimungkinkan menimalisir adanya peretasan soal maupun kunci jawaban.

“Karena semua dikontrol singkronisasi jadi server dari pusat dan sekolah konek, dipastikan aman. Kalau ada sistem yang meretas misalnya, ini bisa diganti soalnya dengan waktu cepat,” pungkasnya.

Pelaksanaan UNBK tahun ini diikuti oleh 1.530 SMA, 1.118 Madrasah Aliyah dan 52 Sekolah Luar Biasa SLB. Sementara peserta UNBK tercatat mencapai 280.489 siswa.

Editor : Yania

Beri Komentar!