by

Hasil Suara Pemilu Ciamis di Scan

Buletin Indonesia News
CIAMIS, — Hasil perolehan suara pada Pemilukada Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati Ciamis pada 27 Juni 2018 mendatang dapat d akses langsung oleh seluruh masyarakat pada hari itu juga dengan mengunjungi situs resmi KPU-RI (www.kpu.go.id) karena metode pelaporan hasil suara berbeda dari sebelumnya. Kali ini KPU melakukan pelaporan hasil dengan metode Situng (Sistim Informasi Perhitungan) dan entri data.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim, S.Ag menjelaskan laporan hasil suara dari TPS langsung d scan dan di kirim ke KPU Pusat sehingga hasil perolehan suara dapat terus d akses, jadi tidak ada lagi kecurigaan masyarakat terkait perolehan suara.

Menurutnya, pada hari H nanti sekitar 30 orang operator standby d KPU untuk menerima data C1 dari TPS lalu di scan kemudian di kirim hasilnya ke KPU pusat menggunakan aplikasi yang sudah disediakan, “jadi bisa langsung di akses oleh masyarakat tanpa harus menunggu lama hasil perolehan masuk secara keseluruhan” papar Kikim.
“Untuk kelancaran operator dalam mengoperasikan sistem ini, kita sudah melakukan simulasi sebanyak 3 kali mulai dsri 50 TPS, 600 TPS sampai semua TPS di seluruh kabupaten Ciamis. Operator kita akan standby 24 jam, salah atau benar isian formulir dari petugas TPS tetap di kirim, karena nanti akan ketahuan setelah semua data dari TPS masuk ke kita” tegas Kikim.

Lanjutnya, pada alat kontrol KPU-RI nanti akan muncul warna orange sebagai pertanda bahwa ada data yang tidak valid sehingga perlu dilakukan pengecekan ulang, sedangkan warna putih yang muncul pertanda tidak ada masalah. (Agus**)

Comment

Berita Terbaru