by

Berdasarkan Aturan, Dr. Yat Rospia Brata, Drs., M.Si di Lantik Jadi Rektor Universitas Galuh

Buletin Indonesia News
CIAMIS, — Calon Rektor Universitas Galuh, Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si yang telah ditetapkan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis sebagai Rektor untuk masa jabatan 2018-2022 pada tanggal 4 Juli 2018 berdasarkan pertimbangan Yayasan sesuai aturan statuta Pasal 48 tentang Rektor ayat 3 huruf (a) dan Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 2705/D/T/1998 hari ini, Kamis (5/7/18) secara resmi dilantik.

Prosesi pelantikan yang dihadiri unsur Pembina dan pengurus Yayasan dan Rektorat serta jajaran Fakultas berlangsung hidmat di auditorium Universitas Galuh (Unigal). Ketua Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis, H. Otong Husni Taufiq, S.IP., M.Si menegaskan penetapan dan pelantikan DR. Yat Rospia Brata, Drs., M.Si bukan tanpa dasar. Semua sesuai dengan aturan yang berlaku dan dipertegas dalam pasal 48 ayat 5 yang menyatakan Rektor diangkat dan diberhentikan oleh Yayasan setelah mendapat pertimbangan Senat Universitas dan berdasarkan Pertimbangan Yayasan.


“Pada pertimbangan Senat Universitas 26 Juni lalu, para Calon Rektor dengan perolehan suara 16 untuk Dr. Yagus Triana, Drs., M.Pd dan 10 suara untuk Dr. Yat Rospia Brata, Drs., M.Si., sedangkan Dr. Awang Kustiawan, Drs., M.M gugur sebagai calon karena mengundurkan diri saat pemilihan, hasilnya bukan final karena dalam pasal 48 ayat 5 tersebut jelas mencantumkan Pertimbangan Senat dan Pertimbangan Yayasan.

Setelah dilakukan pertimbangan Yayasan bersama Pengurus Yayasan dengan mendasari aturan pada pasal 48 ayat 3 huruf (a) dan Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 2705/D/T/1998, maka Yayasan atas kesepakatan Pengurus memutuskan bahwa hanya Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs., M.Si yang memenuhi syarat untuk ditetapkan jadi Rektor.

Jadi, dengan dilantiknya Dr. Yat sebagai Rektor masa jabatan 2018-2022 Saya himbau agar seluruh civitas akademik Kampus baik itu para Dosen maupun Mahasiswa agar tetap fokus melaksanakan kewajiban dalam proses perkuliahan”, tegas Otong.

Sementara itu, Dr. Yagus Triana, Drs., M.Pd mengklaim dirinya yang layak sebagai Rektor Unigal dengan berdasar pada hasil pertimbangan senat yang memperoleh 26 suara walaupun dalam pasal 48 ayat 5 tersebut jelas mencantumkan pertimbangan senat dan berdasarkan pertimbangan Yayasan untuk penetapan Calon Rektor sebagai Rektor. Jadi, tidak hanya pertimbangan senat saja. (Agus**)

Comment

Berita Terbaru