by

Camat Cihaurbeti Apresiasi Mahasiswa KKN Unigal di 7 Desa

 

Buletin Indonesai News

CIAMIS, — Camat Cihaurbeti Asep Khalik Fajari mengapresiasi Posdaya KKN Mahasiswa Universitas Galuh Ciamis yang tersebar di 7 (tujuh) Desa Kecamatan Ciharubeti. Asep menjelaskan, inovasi-inovasi yang di lakukan Mahasiswa tahun ini sangat luar biasa. Dia menilai pemberdayaan yang di lakukan seperti pengembangan dan edukasi terkait Home Industri, mengangkat Potensi Wisata, dan pengolahan tanaman hidroponik serta pengolahan sampah plastik menjadi Material konstruksi bangunan yakni paving block dan bata sangat bermanfaat. “Saya sangat mengapresiasi kreatifitas para Mahasiswa, dan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Cihaurbeti sangat merasakan keberadaan mereka.” Papar Asep, Rabu (29/08/18).

Dia menambahkan, beberapa waktu lalu pernah memantau salah satu Posdaya di Desa Sumberjaya. Mahasiswanya sedang sibuk berbaur dengan masyarakat pelaku ekonomi kreatif seperti home industri. “Masyarakat juga mengakui aktivitas mahasiswa, banyak menerima masukan dari para mahasiswa tentang bagaimana mengembangkan usaha sampai ke pemasaran. Tak hanya itu, potensi wisata di desa tersebut juga di di dokumentasi untuk kemudian di promosikan nantinya”, ungkap Camat.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Galuh, H. Aan Anwar Sihabudin, SH., S.IP., M.Si  menjelaskan dirinya saat melakukan monitoring terhadap Mahasiswa di 7 desa semua sibuk dengan aktivitas pemberdayaan. “Sebelum Mereka di tempatkan di masyarakat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) lebih dulu kita berikan pembinaan agar benar-benar maksimal dan pro aktif di masyarakat. Mahasiswa KKN itu kerjanya bukan cuma makan, tidur dan nongkrong di kampung orang, tetapi lebih aktif dan memberikan inovasi-inovasi untuk memberdayakan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Kita juga sudah mengingatkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPM) agar memperhatikan Mahasiswa KKN yang aktif dan yang tidak aktif.” Papar Aan.

Lanjutnya, inovasi-inovasi yang di lakukan oleh Mahasiswa dari 7 Desa di kecamatan Cihaurbeti tersebut di pamerkan melalui kegiatan Expo yang akan di gelar 1 September 2019 di lapangan Desa Sukahurip. Expo tersebut juga akan di warnai dengan pagelaran seni dan budaya.

[Agus**]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *