by

Mahasiswa Unigal Kembangkan Bibit Tanaman Sawi Berbahan Air dan Kapas

 

Buletin Indonesia News

CIAMIS, — Hanya bermodalkan kapas dan air, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Galuh mengembangkan bibit tanaman sawi tanpa harus melalui proses pembibitan di lahan.

Sekretaris Posdaya KKN Desa Pasir Tamiang Kecamatan Cihaurbeti, Kahfi Septian menjelaskan munculnya ide pembibitan tanaman sawi menggunakan kapas dan air berawal dari faktor lahan yang hampir semua di gunakan untuk area persawahan. Sehingga, dilakukan pembibitan dengan metode hidroponik yang hanya berbahan kapas, air, kapas, potongan botol air mineral dan wadah.

“Proses awal pembibitan berlangsung selama 3 hari dan setelah itu di pindahkan ke polibek sampai akhirnya memasuki masa panen. Dengan metode ini, pertanian jenis tanaman sawi bisa lebih efisien, lahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit dan sangat praktis” ujar Kahfi.

Selain pembimbitan tanaman sawi, Mahasiswa juga melakukan pemberdayaan masyarakat home industri dengan memperbanyak link agar daya belinya lebih tinggi sehingga ke depan bisa menjadi sebuah industri yang dapat membuka lapangan kerja. “Kita mendesain label dengan sangat menarik agar lebih bagus, mengarahkan untuk legalisasi dan mempromosikan lewat media sosial, website, media dan blog supaya home industri masyarakat di desa ini bisa menjadi supplier terbesar terutama di pasar modern” terangnya. Selain memberdayakan home industri, para mahasiswa juga mengangkat dan mempromosikan potensi wisata desa seperti Curug Pancasona dan Sumber Air Saladah. Langkah awal yang dilakukan para Mahasiswa dengan membuka dan mempermudah akses jalan. “Kita berharap ke depan bisa menjadi pilihan utama destinasi wisata” ujar Kahfi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Galuh, H. Aan Anwar Sihabudin, SH., S.IP., M.Si terus mendorong mahasiswa untuk melakukan inovasi-inovasi dan menjembatani masyarakat dalam peningkatan usaha home industri. Hal ini, Dia ungkapkan saat melakukan monitoring Selasa (28/08/18).

[Agus**]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *