by

Kuasa Hukum Yayasan Pendidikan Galuh : SK Rektor Sah Secara Hukum

Keterangan : Kuasa Hukum Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis

Buletin Indonesia News
CIAMIS, — Kuasa Hukum Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis H. Asep Heri Kusmayadi, S.H. menegaskan Rektor Universitas Galuh, DR. Yat Rospia Brata, Drs., M.Si dalam menjalankan tugas termasuk penandatangan Ijazah Wisudawan, Sah secara hukum. Hal ini Dia ungkapkan pasca adanya isu miring yang berkembang terkait gugatan oleh salah satu Civitas Akademik ke PTUN beberapa waktu lalu.
Dalam kegiatan Silaturahmi dan Pembinaan Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Universitas Galuh Ciamis yang berlangsung di Auditorium, Rabu (3/10/18), Kuasa Hukum Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis, menjelaskan bahwa pihaknya sedang menangani 3 perkara hukum yang sedang di hadapi Yayasan, yakni 2 perkara pidana dan 1 perkara perdata.
Dia memaparkan, dugaan tindak pidana penggelapan atas laporan Yayasan, statusnya akan ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan hingga penetapan terlapor sebagai tersangka. Kemudian, lanjut Asep, gugatan Pra Peradilan oleh Terlapor saat memasuki sidang pertama melalui kuasa hukumnya mencabut gugatan pra peradilan tersebut.

Asep menilai, untuk melakukan gugatan pra peradilan merupakan hak setiap warga negara, namun dalam gugatan yang di lakukan terlapor di temukan beberapa kejanggalan seperti status terlapor yang belum jadi Tersangka sudah melakukan gugatan Pra Peradilan, dan Identitas lembaga yang menyebutkan Yayasan Universitas Galuh, padahal seharusnya Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis.

Perkara ke tiga, kata Asep, adalah sengketa Surat Keputusan Rektor Unigal yang di gugat salah satu civitas akademika ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Dia menegaskan, SK Rektor Unigal sah secara hukum termasuk aktivitas Rektor dalam mengambil kebijakan, penandatanganan Ijazah, kewenangan dan perbuatan hukum di lingkungan kampus Universitas Galuh.

“Semuanya sah secara hukum. Dan kita yakin bahwa kita akan memenangkan gugatan ini di PTUN” ungkap Asep di hadapan seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Galuh.

Sementara itu, ketua Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis H. Otong Taufiq Husni, S.IP., M.Si mewarning seluruh Dosen, Staf dan Karyawan agar tidak mencampuri hal-hal yang bukan kewenangannya. Siapapun yang terlibat dalam perkara yang sedang di hadapi melalui kuasa Hukum Yayasan, dan bertindak tanpa sepengetahuan Yayasan, maka harus siap menerima konsekuensinya.

“Kita akan berjuang demi kebenaran, dan demi kemajuan Kampus Universitas Galuh yang bebas dari keserakahan, kedzoliman, dan ketidak benaran lainnya. Agar proses pembelajaran dapat berlangsung aman, lancar dan nyaman” tegas Ketua Yayasan.
***AGUS***

Comment

Berita Terbaru